Sistem Komunikasi massa
PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA
Terdapat beberapa definisi mengenai komunikasi massa yang disampaikan oleh
beberapa ahli diantaranya:
· Menurut Bittner (1980:10)
“Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa
pada sejumlah besar orang.”
· Menurut Garbner (1967)
“Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan
teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paing luas dimiliki
orang dalam masyarakat industry.”
· Ruben (1992)
“Komunikasi
massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi
untuk dikonsumsi oleh khalayak.”
Menuruut
Defleur dan Dennis melihat komunikasi massa sebagai proses. Menurut mereka
terdapat lima tahap membentuk proses komunikasi massa, yaitu sebagai berikut :
Komunikasi
massa adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media massa pada
orang banyak. Bagi kebanyakan orang media massa pada umunya dipandang sekedar
sebagai sumber hiburan. Menonton televise untuk melihat film seri yang
digemarinya atau membaca Koran untuk mengikuti kasus korupsi yang ramai diperbincangkan.
Umumnya para pengguna media memiliki
kebutuhan rekreasi semacam itu tidak perduli dengan apa yang diakibatkan media
massa pada masyarakat maupun individu. Perhatian media massa dan khalayak terus
berkembang. Kalangan komunikasi melihat bagaimana masyarakat telah semakin
bergantung pada media massa baik secara sosial maupun personal. Banyak orang
kmota yang tidak bisa tinggal cukup lama disebuah desa terpencil, hanya karena
mereka tidak bisa memperoleh media massa.
Media masa berpengaruh
terhadap prilaku sehari-hari orang tersebut :
1. Pesan komunikasi
diformulasikan oleh komunikator-komunikator professional.
2. Pesan komunikasi dikirimkan
melalui cara yang relative cepat dan berkelanjutan melalui penggunaan media.
3. Pesan tersebut
mencapai lhalayak yang besar dan beragam memilih media dengan selektif.
4. Para anggota khalayak secara
individual menafsirka pesan tersebut dengan cara sedemikian rupa sehingga
mereka memahami makna yang kurang lebih sejajar dengan yang dimaksud komun
ikator.
5. Sebagai hasil dari pengalaman
memberi makna ini, para anggota khalayak dipengaruhi dalam cara tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar